Alumunium Composite Panel

Alumunium Composite Panel (ACP)

posted in: Advertising | 0

Protected by Copyscape

Alumunium Composite Panel (ACP) adalah merupakan material perpaduan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel ( ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti berbahan non-aluminium yang disatukan diantara dua lembar aluminium. Lembar aluminium dapat dilapisi dengan cat PVDF atau Polyester. Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu jenis Polyester (PE) yang biasa banyak digunakan untuk interior, dan jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa di gunakan di eksterior, karena jenis ini tahan segala jenis cuaca,sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.

Alumunium Composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca,oleh karna itu Alumunium Composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik di in door maupun out door, selain untuk aplikasi dinding Alumunium Composite Panel juga dapat di gunakan dalam berbagaimacam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan exterior. Aluminium Composite panel terdiri dari berbagai macam warna sesuai dengan permintaan, ketebalan alumunium composite panel umumnya 4 mm. Aluminium composite panel, membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah.

ACP sering digunakan untuk:

  • interior dan exterior bangunan baru atau lama
  • gedung bertingkat tinggi (high rise building)
  • SPBU
  • pertokoan (ruko)
  • dealer otomotif 
  • papan iklan
  • billboards
  • display unit
  • kamar mandi, dll.  

Keunggulan

Keunggulan dari bahan composite ini adalah beratnya yang lebih ringan tetapi dengan kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat, dengan biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitannya dan tidak memerlukan baut-baut penyambung.

Sifat dasar aluminium composite panel adalah keras dan kaku tetapi ringan dalam berat. Dilapisi aluminium yang dapat diwarnai dengan bermacam – macam warna. Aluminium composite panel dipakai secara luas dengan atau tidak dengan warna metalik, juga dapat memakai pola warna imitasi dari material lain seperti kayu dan marmer.

Aluminium Composite Panel sanggup memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung yang menggunakan Aluminium Composite Panel. Pemesanan dan pengaplikasian Aluminium Composite Panel yang mudah serta warna-warni yang terdapat pada produk ini membuat banyak kontraktor / developer berminat untuk mempertegas kesan dari bangunan/gedung yang mereka kerjakan. Selain itu dengan harga Aluminium Composite Panel yang terjangkau, bangunan / gedung pun memiliki nilai tambah dan semakin megah

Sebelum memilih panel ACP, apa yang harus diperhatikan?

Ada beberapa hal utama yang harus Anda perhatikan ketika hendak membeli ACP, antara lain adalah:

  • Merek produknya
  • Jenis material inti
  • Total ketebalan seluruh panel
  • Ketebalan khusus lapisan aluminium
  • Hingga ketebalan finishing coating

Cara mengaplikasikan material/ panel ACP

Di Indonesia, sudah mulai menjamur berbagai gedung yang lebih memilih menggunakan panel ACP untuk bagian fasad gedungnya. Disamping harga Aluminium Composite Panel yang juga cukup murah,  panel ACP juga bisa dikombinasikan dengan  dengan penggunaan bahan lainnya seperti  kaca, atau curtainwall. Anda bisa melihat sendiri bagaimana bagian fasad gedung-gedung yang menggunakan panel ACP sangat indah. Sementara untuk bagian interior panel ACP juga bisa digunakan untuk menutup partisi, menutup kolom, hingga banyak digunakan untuk menutup plafon.

baca juga : Daftar harga ACP

Aluminium Composite Panel adalah secara umum dikenal sebagai aluminium komposit material atau ACM.

Aluminium Composite Panel  adalah material umumnya terdiri dari dua kulit luar aluminium dan kepadatan rendah pengisi seperti polietilen atau bahan lainnya. Ada sejumlah besar produk tersedia untuk pasar dari berbagai pemasok.

Panel yang datang dalam berbagai ketebalan yang biasanya antara 3 sampai 6 mm. Lembar aluminium yang biasanya 0,5 m untuk semua ketebalan panel.  Aluminium Composite Panel  adalah sejenis panel tipis yang terbuat dari dua lembar aluminium terikat inti bahan isolasi.

Umum digunakan untuk Aluminium Composite adalah sebagai  dinding luar pada bangunan bertingkat karena mereka relatif ringan dan kokoh, sementara lembar aluminium dapat di cat warna

Aluminium Composite Panel merupakan benda yang mudah terbakar.  Contoh lain dari sistem dinding luar yang mudah terbakar meliputi isolasi eksterior selesai sistem, sistem selesai struktural isolasi, tekanan tinggi laminasi dan cuaca resistif hambatan. Tingkat bahan bakar ACPs berkisar dari: produk yang mudah terbakar (ACPs dengan inti yang 100% polietilen, atau PE, yang mencair pada suhu relatif rendah dan sangat mudah terbakar, produk dengan inti serat mineral dan beberapa PE, kurang mudah terbakar, produk dengan inti yang hampir semua serat mineral ditambah sejumlah kecil PE untuk mengikat serat ini untuk aluminium, yang terbatas bahan bakarnya.

Aluminium Composite Panel banyak digunakan pada proyek yang memakai sandwich panel. Sampai saat ini,  penerapan sandwich  panel yang  sering  digunakan  dalam dunia arsitektur  adalah  sebagai  fasad  bangunan, cladding, partisi, dan ceiling.

Saat ini banyak sekali informasi terkait harga aluminium composite panel.  Ada banyak sekali harga yang ditawarkan oleh masing masing penjual baik itu secara online maupun offline.

Namun ada baiknya Anda pastikan harga aluminium composite panel yang sesuai dengan budget Anda. Pastikan pula harga.

Yang Menjadi Kelebihan ACP dibanding Material lainnya

  • Tahan terhadap gesekan dan benturan

Material ACP memiliki kemampuan anti gores, anti pecah serta anti benturan. Bahkan bila dilengkungkan, material ACP tidak akan hancur.

  • Tahan terhadap cuaca ekstrim

Material ACP juga memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi cuaca bahkan yang ekstrim sekalipun. Mulai dari asam, garam, korosi, hingga sinar ultraviolet, bukan menjadi halangan bagi panel ACP untuk bertahan.

  • Memiliki berat yang ringan serta mudah pemasangannya

Bila ditimbang, berat dari panel ACP berukuran 4 mm hanya sekitar 6 kg/m2 saja. Cukup ringan untuk dibawa untuk pemasangannya sendiri. Selain itu, proses pengolahannya juga lebih mudah seperti pemotongan, pemangkasan, pengeboran, dan lain sebagainya. Dan yang terpenting, tidak membutuhkan alat berat, cukup alat yang sederhana.

  • Tahan api

Inti material yang ada pada panel ACP memiliki ketahanan yang baik terhadap api. Tak hanya itu, tiap sisi luar aluminium dari panel ACP juga memiliki ketahanan terhadap api.

  • Memiliki banyak variasi warna

Ada banyak sekali variasi warna ACP di Indonesia yang berkualitas. Mulai dari warna-warna standart, metallic, tematic, dan lain sebagainya bisa Anda dapatkan sesuai kebutuhan anda

  • Pemeliharaan yang cukup mudah

Proses pemeliharaan ACP terbilang cukup mudah, tanpa harus ribet dan membutuhkan biaya tambahan.

  • Harga yang terjangkau

Dibanding material lainnya, maka harga aluminium composite menjadi yang paling terjangkau. Ini juga yang menjadi alasan mengapa ACP kian menjadi populer untuk kebutuhan pembangunan sebuah gedung.