2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon?

posted in: Advertising | 0

Kabar Baru !!

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon,

 

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

 

Praktis setiap orang yang bekerja dengan bahan yang luar biasa ini mengajukan pertanyaan “Bagaimana cara melepas sealant silikon”. kali ini di Adfamilly Advertising membahas tentang bagaimana cara menghapus sealant silikon.

Tugas membersihkan permukaan dari silikon biasanya dihadapi saat melakukan pekerjaan perbaikan, bila diperlukan untuk memperbaiki sambungan dan menyegel kembali permukaan. Dengan prosedur seperti itu, langkah wajib adalah membersihkan dari sealant lama.

Dalam kasus ketika sealant diterapkan untuk pertama kalinya, kontaminasi area yang berdekatan mungkin terjadi. Sealant dapat menodai pakaian, tangan, dan menempel di permukaan yang berdekatan.

Jika dalam proses pengerjaan dan penerapan jahitan tidak terlalu sulit untuk menghilangkan silikon yang tidak diawetkan, maka setelah polimerisasi komposisi, tugas yang sama ini menjadi sulit untuk dipenuhi.

Pada artikel ini, kami akan mencoba mempertimbangkan semua cara dan metode yang mungkin untuk membersihkan berbagai permukaan dari sealant silikon.

Cara termudah adalah dengan mencuci sealant yang tidak diawetkan dengan kain yang dibasahi dengan air sabun, atau cukup dengan jari Anda. Larutan cuka (jika pelapisnya diawetkan dengan asam), alkohol (jika pelapisnya netral), alkohol putih, aseton, bensin, atau pembersih dan pelarut khusus dapat membantu dalam masalah ini. Namun, ini seringkali tidak cukup untuk menghilangkan semua jejak silikon sepenuhnya.

Bahkan saat melepas bagian utama sealant yang tidak diawetkan, goresan dan noda tetap ada di permukaan halus, yang sangat sulit dihilangkan. Dalam hal ini, Anda tidak dapat melakukannya tanpa komposisi kimia khusus.

Misalnya, Dowsil DS-1000 (sebelumnya Dow Corning DS-1000) pembersih silikon tidak diawetkan, yang merupakan larutan surfaktan berair, dengan mudah dan sepenuhnya menghilangkan semua jejak silikon, membuat permukaan bersih sempurna.

 

1. Penghapusan manual sealant

Metode ini digunakan untuk silikon yang diawetkan yang tidak dapat dihilangkan dari permukaan dengan cara mencuci atau cara lain.

Metode mekanis juga digunakan sebagai tambahan untuk bahan kimia yang melembutkan sealant tetapi membiarkannya di permukaan.

Harus diingat bahwa selama pelepasan mekanis sealant yang mengeras dari permukaan, permukaan alas di bawah jahitan dan di area yang berdekatan juga mengalami tekanan mekanis.

Oleh karena itu, metode ini hanya cocok dalam kasus-kasus ketika permukaan memiliki kekerasan yang cukup dan tidak ada goresan, potongan, serpihan yang tertinggal di atasnya. Metode ini juga dapat digunakan jika tampilan dekoratif permukaan tidak menjadi masalah, atau jahitan penyegelan tidak pada tempat yang menonjol.

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

 

Baca Juga : Silicone rubber adhesives

Untuk melepas sealant yang diawetkan secara mekanis, gunakan pisau, bilah, amplas, pengikis, dan perkakas lainnya, serta bahan abrasif.

Sebagian besar sealant dipotong dengan pisau atau bilah, kemudian dibersihkan dengan amplas, batu apung, mesin pencuci piring logam, dll.

Jika memungkinkan, cungkil salah satu ujung jahitan dengan benda tajam dan tarik di atasnya. Dalam beberapa kasus, hampir semua sealant lama dapat dilepas dengan cara ini.

2. Penghapusan kimiawi sealant

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

 

Saya ingin segera mencatat bahwa pembersihan kimiawi permukaan dari sealant sebagai metode independen jarang digunakan. Bahan-bahan ini sulit larut pada sebagian besar produk.

Saat berinteraksi dengan pelarut khusus, sealant akan melunak, yang membuatnya mudah dilepas secara mekanis nanti.

Untuk memilih bahan yang tepat untuk melembutkan silikon yang mengeras, Anda perlu mengetahui jenis sealant. Jika sealant netral telah digunakan, alkohol atau pelarut rumah tangga dapat digunakan sebagai pelarut. Sealant asam dilunakkan dengan setidaknya 70% cuka. Ini memang murah, tetapi sayangnya, bukan solusi yang paling efektif.

Seringkali tidak mungkin untuk menentukan apakah suatu komposisi termasuk dalam tipe pengawetan netral atau asam. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan cairan khusus yang dirancang khusus untuk melembutkan dan melarutkan silikon yang mengeras. Penghilang sealant silikon ini serbaguna dan jauh lebih efektif daripada pelarut “rumahan”. Pembersih paling populer dan efektif untuk sealant yang diawetkan adalah Penta-840, Antisil, Dowsil DS-2025.

Bagaimana cara melepas sealant dari bak mandi?

Bagaimana dan dengan apa mencuci sealant dari bak mandi? Pertanyaan ini paling sering muncul saat melakukan pekerjaan perbaikan.

Melepaskan sealant yang mengeras dari sambungan bak mandi di tempat antarmuka dengan dinding adalah pekerjaan yang rumit dan melelahkan, yang terutama dilakukan dengan metode mekanis.

Sealant lama harus diangkat dari satu sisi dengan pisau atau obeng, kemudian, dengan menarik tepi ini, coba pisahkan strip sealant dari alas di sekeliling.

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

Perhatikan bahwa jika sealant berkualitas tinggi digunakan dan teknologi aplikasinya diikuti, maka sealant akan memiliki daya rekat yang sangat baik ke permukaan dan terlepas dengan buruk. Oleh karena itu, tidak mungkin untuk mengekstraknya sepenuhnya. Sealant yang tidak dikencangkan dipotong dengan pisau atau bilah dalam arah membujur sambungan.

Setelah itu, sisa-sisa kecil silikon dihaluskan dengan amplas atau batu apung. Anda bisa mencoba membersihkan permukaan sealant menggunakan garam meja biasa. Ini diaplikasikan pada kain lembab, yang kemudian dibersihkan dari permukaan.

Untuk pembersihan lengkap, sambungan dirawat dengan cuka atau pelarut yang sesuai.

Jika Anda perlu membersihkan jahitan dari sealant segar, lakukan dengan cuka, white spirit, atau pelarut lainnya. Jika sealant sudah terpolimerisasi, kemudian dibasahi dengan pelarut dan disimpan selama beberapa jam sampai lunak, dan kemudian dilakukan pembersihan mekanis.

Untuk menghilangkan sealant yang diawetkan dari permukaan halus rendaman enamel (serta dari permukaan halus tidak berpori lainnya), Anda juga dapat menggunakan pengering rambut konstruksi atau konvensional. Untuk ini, sealant dipanaskan dengan kuat. Setelah itu, mudah dipisahkan dari permukaan dengan pengikis biasa.

Baca Juga : Jenis Jenis Signage

Bagaimana cara menghapus sealant dari ubin?

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

Ubin keramik memiliki permukaan yang rata dan halus. Sangat mudah untuk melepaskan sealant silikon dari ubin.

Kontaminasi ubin Silikon yang tidak diawetkan dicuci bersih dengan serbet yang dibasahi dengan air sabun biasa.

Metode kimia digunakan untuk melembutkan sealant yang mengeras. Kain dibasahi dengan pelarut dan tempat dengan noda sealant dilap.

Sealant yang dilunakkan dengan cara ini dilepas secara mekanis – dengan pengikis kayu, spatula, silet atau pisau klerikal. Pembersihan dilakukan dengan batu apung atau amplas.

Pembersihan sambungan ubin dari sealant dilakukan dengan cara yang sama seperti di kamar mandi.

Saat bekerja dengan alat, Anda harus sangat berhati-hati dan berhati-hati agar tidak menggores atau merusak permukaan ubin.

Menghapus sealant dari permukaan plastik

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

Sealant silikon tidak melekat dengan baik pada banyak permukaan plastik. Untuk alasan ini, tidak terlalu sulit untuk melepaskan sealant darinya. Namun, ini tidak berlaku untuk semua plastik.

Formulasi yang tidak diawetkan dicuci dengan air sabun atau white spirit atau pelarut lainnya.

Hardened – direndam dalam pelarut sampai lunak, kemudian dibuang secara mekanis.

Kekhususan plastik adalah beberapa di antaranya larut dengan beberapa pelarut, beberapa dengan yang lain. Oleh karena itu, sebelum membilas sealant silikon, Anda perlu memastikan bahwa pelarut tidak merusak atau merusak permukaan.

Karena permukaan plastiknya lembut, lebih baik menggunakan pengikis plastik atau kayu saat mengikis silikon. Namun, bahkan dalam kasus ini, disarankan untuk tidak berusaha keras agar tidak menggores permukaan.

Bagaimana cara membersihkan kaca dari sealant?

2 Cara bagaimana melepas Sealant Silikon? Familly Advertising

 

Prosedur untuk membersihkan sealant dari kaca sama dengan prosedur untuk plastik.

Glass sealant Silicone yang segar dan tidak diawetkan hanya dicuci dengan air biasa atau sabun, dan noda dihilangkan dengan alkohol, aseton atau pelarut khusus.

Anda dapat dengan aman menggunakan metode mekanis apa pun pada kaca – karena kekerasannya yang tinggi, perkakas tidak akan meninggalkan bekas di permukaannya dan tidak akan tergores. Akan lebih mudah menggunakan pisau tipis, silet, atau pisau kantor untuk ini.

Terkadang sambungan sealant ke kaca sangat kuat dan proses pelepasan menjadi lama dan membosankan.

Dalam kasus ini, sebelum menyeka sealant silikon dari kaca, gunakan pelarut yang sesuai seperti bensin, atau senyawa khusus.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *