Maintenance Bali Familly Advertising

Maintenance Bali (pemeliharaan) adalah suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu aset/alat atau memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima, Sehingga dapat dikatakan bahwa seiring berlalunya waktu fungsi barang serta peralatan yang digunakan untuk produksi/pengunaan semakin lama akan berkurang. Namun dengan adanya suatu sistem perawatan yang baik, maka usia kegunaan peralatan/barang dapat diperpanjang dengan melakukan perawatan secara berkala dengan perawatan yang tepat. Terdapat 2 kategory Maintenance yaitu :

  • Condition maintenance, yaitu aktivitas perawatan untuk mempertahankan keadaan peralatan/aset agar dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan usia ekonomis peralatan/aset itu.
  • Replacement maintenance, yaitu aktivitas perawatan untuk perbaikan dan penggantian komponen tepat pada waktunya sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Tujuan Maintenance

Maintenance Bali Familly Advertising

Maintenance adalah kegiatan pendukung bagi kegiatan komersil, maka seperti kegiatan lainnya, maintenance harus efektif, efisien dan berbiaya rendah. Dengan adanya kegiatan maintenance ini, maka aset / peralatan produksi dapat digunakan sesuai dengan rencana dan tidak mengalami kerusakan selama jangka waktu tertentu yang telah direncakan tercapai. 

Beberapa tujuan maintenance yang utama antara lain, yaitu:

  • Memperpanjang usia pakai dari mesin/peralatan.
  • Menjaga fungsi dari mesin/peralatan agar tetap baik
  • Menjamin ketersediaan optimum mesin/peralatan
  • Menjamin kesiapan operasional mesin/peralatan
  • Mengurangi waktu downtime dari mesin/peralatan (memaksimalkan ketersediaan (availability))
  • Menjamin keselamatan user mesin/peralatan tersebut.
  • Menjamin kepuasan pelanggan.

Baca juga : history

Running text bali

Tugas dan Pelaksanaan Kegiatan Maintenance 

Maintenance Bali Familly Advertising

Semua tugas – tugas atau kegiatan dari pada maintenance dapat digolongkan ke dalam salah satu dari lima tugas pokok yang berikut: 

1. Inspeksi (Inspections) Kegiatan inspeksi meliputi kegiatan pengecekan dan pemeriksaan secara berkala (routine schedule check) terhadap mesin / peralatan sesuai dengan rencana yang bertujuan untuk mengetahui apakah perusahaan selalu mempunyai fasilitas mesin / peralatan yang baik untuk menjamin kelancaran prose produksi. 

2. Kegiatan Teknik (Engineering) Kegiatan teknik meliputi kegiatan percobaan atas peralatan yang baru dibeli adan kegiatan pengembangan komponen atau peralatan yang perlu diganti, serta melakukan penelitian – penelitian terhadap kemungkinan pengembangan komponen atau peralatan juga berusaha mencegah terjadinya kerusakan. 

3. Kegiatan Produksi Kegiatan produksi merupakan kegiatan pemeliharaan yang sebenarnya yaitu dengan memperbaiki seluruh mesin / peralatan produksi. 

4. Kegiatan Administrasi Kegiatan administrasi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan – pencatatan mengenai biaya – biaya yang terjadi dalam melakukan kegiatan pemeliharaan, penyusunan planning dan schedulling, yaitu rencana kapan kegiatan suatu mesin / peralatan tersebut harus diperiksa, diservice dan diperbaiki. 

5. Pemeliharaan Bangunan Kegiatan pemeliharaan bangunan merupakan kegiatan yang tidak termasuk dalam kegiatan teknik dan produksi dari bagian maintenance.

Macam – macam dari maintenance (pemeliharaan) yaitu :

Preventive Maintenance

Preventive maintenance merupakan suatu kegiatan pemeliharaan yang sudah terjadwal dan terencana. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah yang dapat mengakibatkan kerusakan pada alat/mesin dan menjaganya selalu tetap dalam kondisi normal selama dalam pengoperasian. Contoh kegiatan ini adalah melakukan pengecekan terhadap pendeteksi indikator tekanan dan temperatur apakah telah sesuai hasilnya untuk kondisi normal suatu alat/mesin, pengecekan kondisi pelumasan pada alat/mesin dll.

Predictive Maintenance

Predictive maintenane merupakan suatu kegiatan pemeliharaan yang dalam melakukannya dengan cara prediksi, dalam hal ini merupakan evaluasi dari perawatan berkala. Pendeteksian ini dapat dievaluasi dari indikator-indikator yang terpasang pada suatu alat dan juga dapat melakukan pengecekan vibrasi dan alignment untuk menambah data dan tindakan perbaikan selanjutnya.

Corrective Maintenance

Corrective maintenance merupakan suatu kegiatan pemeliharaan yang telah direncanakan yang didasarkan pada kelayakan waktu operasi yang telah ditentukan pada buku petunjuk alat tersebut. Pemeliharaan ini meliputi pemeriksaan, perbaikan dan penggantian terhadap setiap bagian-bagian alat yang tidak layak pakai lagi, baik karena rusak ataupun batas maksimum penggunaan yang telah ditentukan.

Breakdown Maintenance

Breakdown maintenance merupakan suatu kegiatan perbaikan yang dilakukan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Dimana kerusakan terjadi secara mendadak pada alat/mesin yang sedang beroperasi, sehingga mengharuskan perbaikan secara menyeluruh ataupun menggantinya.

Familly advertising kami juga menawarkan jasa perbaikan maintenace seperti pembongkaran/pemindahan reklame, revisual Neonbox/Billboard, perbaikan eletrical lampu LED Running tex atau komponen-komponen listrik. tentunya dengan harga yang sangat menarik, jika anda tertarik silahakan hubungi disini

Semoga membantu Anda memilih dengan bijak sesuai bujet yang Anda miliki. Sukses untuk bisnis Anda!